Mengapa kelas perlu dikelola secara
efektif?
Manajemen kelas yang efektif akan
memaksimalkan kesempatan pembelajaran murid. Ada 2 pandangan tentang cara terbaik untuk mengelola
kelas, yaitu
1. Pandangan Lama yang
menekan pada penciptaan dan pengaplikasian aturan untuk mengatur tindak tanduk
murid. Pandangan ini mengorientasikan murid pada sikap pasif dan patuh pada
aturan ketat. Kelemahannya, keterlibatan murid pada pembelajaran aktif,
pemikiran dan konstruksi pengetahuan sosial akan melemah.
2. Pandangan Baru yang
memfokuskan pada kebutuhan murid untuk mengembangkan hubungan dan kesempatan
untuk menata diri. Pandangan ini lebih menekankan pada pembimbingan murid untuk
menjadi lebih mau berdisiplin diri dan tidak terlalu menekankan pada kontrol
eksternal atas diri murid.
Kelas padat, kompleks, dan
berpotensi kacau
Walter Doyle mendeskripsikan 6 karakteristik
yang merefleksikan kompleksitas dan potensi problemnya:
1.
Kelas adalah multidimensional
Kelas adalah setting untuk banyak aktivitas, baik
aktivitas akademik maupun aktivitas sosial.
2.
Aktitivitas terjadi secara simultan
(bersamaan)
Banyak aktivitas kelas yang terjadi secara bersamaan.
3.
Hal-hal terjadi secara cepat
Kejadian sering kali terjadi di kelas dan membutuhkan respons
cepat.
4.
Kejadian sering kali tidak bisa
diprediksi
Kejadian di luar rencana seperti murid yang sakit,
komputer rusak, alarm kebakaran berbunyi kemungkinan akan terjadi meskipun
telah direncanakan secara hati-hati.
5.
Hanya ada sedikit privasi
Kelas adalah tempat publik di mana murid melihat guru
mengatasi masalah, melihat kejadian tidak terduga, dan mengalami frustrasi.
6.
Kelas punya sejarah
Murid punya kenangan tentang apa yang terjadi di kelas
pada waktu dahulu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar