Kamis, 12 Juni 2014

Mengelola Kelas




Mengapa kelas perlu dikelola secara efektif?

Manajemen kelas yang efektif akan memaksimalkan kesempatan pembelajaran murid. Ada 2 pandangan tentang cara terbaik untuk mengelola kelas, yaitu
1.      Pandangan Lama yang menekan pada penciptaan dan pengaplikasian aturan untuk mengatur tindak tanduk murid. Pandangan ini mengorientasikan murid pada sikap pasif dan patuh pada aturan ketat. Kelemahannya, keterlibatan murid pada pembelajaran aktif, pemikiran dan konstruksi pengetahuan sosial akan melemah.
2.      Pandangan Baru yang memfokuskan pada kebutuhan murid untuk mengembangkan hubungan dan kesempatan untuk menata diri. Pandangan ini lebih menekankan pada pembimbingan murid untuk menjadi lebih mau berdisiplin diri dan tidak terlalu menekankan pada kontrol eksternal atas diri murid.
Kelas padat, kompleks, dan berpotensi kacau
Walter Doyle mendeskripsikan 6 karakteristik yang merefleksikan kompleksitas dan potensi problemnya:
1.      Kelas adalah multidimensional
Kelas adalah setting untuk banyak aktivitas, baik aktivitas akademik maupun aktivitas sosial.
2.      Aktitivitas terjadi secara simultan (bersamaan)
Banyak aktivitas kelas yang terjadi secara bersamaan.
3.      Hal-hal terjadi secara cepat
Kejadian sering kali terjadi di kelas dan membutuhkan respons cepat.
4.      Kejadian sering kali tidak bisa diprediksi
Kejadian di luar rencana seperti murid yang sakit, komputer rusak, alarm kebakaran berbunyi kemungkinan akan terjadi meskipun telah direncanakan secara hati-hati.
5.      Hanya ada sedikit privasi
Kelas adalah tempat publik di mana murid melihat guru mengatasi masalah, melihat kejadian tidak terduga, dan mengalami frustrasi.
6.      Kelas punya sejarah
Murid punya kenangan tentang apa yang terjadi di kelas pada waktu dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar